Pengembangan Media KIE Kesehatan Reproduksi dan S/GBV untuk Remaja pada Situasi Bencana

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2018 di Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan oleh PKBI Pusat bersama perwakilan remaja dari berbagai daerah. Harapannya mendapatkan refrensi mengenai gambaran media KIE yang digemari remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk penyesuaian jenis dan design media KIE tentang kekerasan berbasis gender berdasarkan kebutuhan remaja. Pelibatan remaja dalam penyususnan media KIE diharapkan untuk mempermudah penerimaan ke kelompok remaja.

Peserta pada kegiatan ini merupakan perwakilan remaja dari berbagai daerah, yang memiliki kepedulian kepada teman remaja yang terdampak langsung dari Gempa Lombok. Peserta meluangkan waktu dan berkontribusi dalamĀ  menyediakan media yang ringan dengan design yang simple sesuai kebutuhan remaja. Pemaparan terkait situasi Lombok saat ini, membangun rasa empati dan kepedulian terhadap kelompok remaja di Lombok. Pemaparan tentang PPAM dan peluang terjadinya kekerasan berbasis gender dalam situasi bencana. Sehingga peserta mulai menuangkan berbagai ide kreatif untuk membantu remaja lainnya untuk lebih mudah memahami informasi tentang kekerasan berbasis gender di situasi bencana.

Berdasarkan hasil workshop dengan remaja ini, Tim Media dan Komunikasi PKBI kemudian mengembangkan sejumlah desain KIE yang sebelumnya sudah disiapkan dalam bentuk draft awal. Desain draft awal ini kemudian disempurnakan sesuai dengan kebutuhan dan pengetahuan remaja yang terkait layanan kesehatan reproduksi dalam situasi krisis. Tim Media dan Komunikasi PKBI mengembangkan beberapa alternatif pilihan desain KIE dengan materi:

  • Kesehatan Reproduksi Remaja
  • Menstruasi dan Mimpi Basah
  • Infeksi Menular Seksul, HIV dan AIDS
  • Kekerasan Seksual dan Gender

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *